Apa itu Chitosan dan apa manfaatnya?

Ada yang tahu apa itu Chitosan? Chitosan (poly-β-1,4-glucosamine) adalah serat alami yang dibuat dari kulit udang/rajungan dengan struktur molekul menyerupai selulosa (serat pada sayuran dan buah-buahan) bedanya terletak pada gugus rantai C-2, dimana gugus hidroksi (OH) pada C-2 digantikan oleh gugus amina (NH2).

#Manfaat Chitosan secara umum dapat digunakan untuk;
1. Chitosan dapat meningkatkan daya awet berbagai produk pangan seperti bakso, sosis, nuget, jus buah/sayur, tahu, ikan asin, mi basah, produk olahan ikan, buah-buahan, mayonise, dodol, dll karena memiliki aktifitas antimikroba dan antioksidan serta penggunaan chitosan pada produk pangan dapat menghindarkan konsumen dari kemungkinan terjangkit penyakit typhus, karena chitosan dapat menghambat pertumbuhan berbagai mikroba patogen penyebab penyakit typhus seperti Salmonella enterica, S. enterica var. Paratyphi-A dan S. enterica var. Paratyphi-B
2. Chitosan pada kesehatan juga dapat digunakan sebagai;
• penghambat perbanyakan sel kanker lambung manusia dan meningkatkan daya tahan tubuh.
• chitosan dapat mengikat lemak dan menghambat penyerapan lemak oleh tubuh dan mengurangi LDL yang dikenal oleh masyarakat sebagai kolesterol jahat sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol darah secara efektif dan aman, tanpa efek samping. Kenapa demikian? Karena Chitosan dapat menjerat lemak (fat absorber) dan mengeluarkannya bersama kotoran karena chitosan sebagai serat tidak dapat dicerna oleh tubuh, sehingga penggunaan chitosan akan mengurangi resiko terkena kolesterol tinggi.
• Chitosan dapat mengurangi beban kerja liver (hati) dan mengurangi tekanan kerja organ tubuh lain akibat adanya lemak yang berlebihan juga membantu mengontrol tingkat asam urat sehingga terhindar dari penyakit encok dan batu ginjal.
• Chitosan dapat juga digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka dan kerusakan tulang.
• Chitosan dapat menghindarkan konsumen dari kemungkinan terjangkit penyakit typhus, karena chitosan dapat menghambat pertumbuhan berbagai mikroba patogen penyebab penyakit typhus seperti Salmonella enterica, S. enterica var. Paratyphi-A dan S. enterica var. Paratyphi-B.
3. Chitosan pada bidang kosmetika juga dimanfaatkan sebagai pelembab, antioksidan, tabir surya pada produk kosmetik.
#Keamanan Penggunaan Produk Chitosan
Chitosan telah mendapatkan persetujuan dari BPOM No. HK.00.05.52.6581 untuk digunakan dalam produk pangan. Di Amerika chitosan telah mendapat pengesahan sebagai produk GRAS (Generally Recognised As Safe) oleh FDA. Selain aman chitosan yang diproduksi oleh PT. Araminta Sidhakarya juga telah mendapatkan sertifikat halal dari LPPOM-MUI No. 00170043490307 (sebagai pengawet) dan 00170043510307 (sebagai pelapis).

#KEMASAN
Chitosan tersedia dalam bentuk bubuk kemasan 0.25 kg, 0.5 kg, 5 kg dan chitosan cair konsentrasi 6% kemasan 300 ml, 1.5 L, 30 L.

Adapun cara penimpanan chitosan yaitu chitosan disimpan di tempat sejuk dan kering dalam kondisi kemasan tertutup.

marketing

~ by gunawanprayitna on December 18, 2009.

One Response to “Apa itu Chitosan dan apa manfaatnya?”

  1. I’m finding a javascript error, is anyone else?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: